Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Halo sahabat! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana  Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta, bantuan yang di maksud disini adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Berbicara tentang Bantuan Subsidi Upah atau BLT Subsidi Gaji ini sebenarnya sudah di lakukan oleh pemerintah pada tahun 2020, hanya saja di tahun 2021 ini jumlah berbeda, dimana di tahun ini penerima bantuan BLT Subsidi Gaji akan menerima Rp 500 ribu selama dua bulan.

Dan penerima bantuan ini akan menerima bantuan tersebut sekaligus, yang artinya penerima bantuan BLT Subsidi Gaji tahun ini langsung menerima bantuan sebesar Rp 1 juta.

Untuk sahabat yang masuk dalam kategori penerima bantuan BLT Subsidi Gaji ini langsung akan dikirim ke rekening pribadi sahabat melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI.

Tapi yang menjadi pertanyaan sekarang apakah sahabat masuk dalam kategori penerima bantuan BLT Subsidi Gaji ini?.

Nah, untuk mencari tahu apakah sahabat masuk dalam daftar penerima bantuan BLT Subsidi Gaji ini sangat mudah, ada dua cara yang bisa sahabat lakukan, dan berikut caranya.

CEK VIA WHATSAPP :

Untuk cara pertama, sahabat bisa cek melalui pesan WhatsApp, dengan cara mengirim pesan singkat melalui nomor WhatsApp yang sudah disediakan pemerintah yakni di 0813-8007-0175 caranya.

Setelah sahabat mengirim pesan ke nomor diatas, sahabat akan menerima balasan dan diminta memilih topik seperti berikut :

  1. Informasi Kepesertaan
  2. Informasi Klaim
  3. Informasi Kanal Layanan
  4. E-Form Pengaduan
  5. Informasi Calon Penerima BSU 2021

Selanjutnya sahabat hanya perlu menjawab pesan tersebut dengan mengetik angka 5.

Selanjutnya, sahabat akan menerima balasan pertanyaan apakah sebagai calon penerima BLT Subsidi Gaji.

Sahabat hanya perlu membalas pertanyaan tersebut dengan mengetik YA.

Selanjutnya, calon penerima lalu diminta untuk mengirimkan nomor kepesertaan.

CEK VIA WEBSITE :

Cara yang kedua yakni melalui website resmi.

Ingat, pendaftaran akun hanya dilakukan oleh sahabat yang belum memiliki akun di website kemnaker.go.id. Untuk sahabat yang sudah memiliki akun bisa langsung Login. 

Setelah melakukan pendaftaran, sahabat tinggal mengaktivasi akun sahabat menggunakan Kode OTP yang dikirim ke nomor handphone sahabat.

Setelah akun di aktivasi, sahabat tinggal :

  • Login
  • Lengkapi Profil
  • Kemudian Cek Pemberitahuan

Lengkapi Profil yang di maksud disini adalah sahabat harus mengisi biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.

Setelah itu sahabat nantinya akan menerima notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima BSU sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Penerima juga nantinya akan mendapatkan notifikasi apabila dana BSU telah tersalurkan ke rekening Bank Himbara.

SYARAT PENERIMA :

Lalu apa saja syarat penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) ini?. Berikut daftar persyaratan yang dikutip Motorplus-online.com dari Tribunnews.com melalui laman kemnaker.go.id :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan NIK.
  2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan, dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan sampai dengan Juni 2021.
  3. Pekerja/buruh yang berhak mendapatkan bantuan harus mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta.
  4. Pekerja yang bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4.
  5. Diutamakan untuk pekerja/buruh yang bekerja pada sektor ( Industri barang konsumsi, Transportasi, Aneka Industri, Properti dan real estate, Perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan).
Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, penerima bantuan BSU langsung di transfer melalui bank BUMN yakni BTN, BRI, BNI, dan Mandiri.

Sementara untuk Provinsi Aceh penyaluran bantuan ini di proses melalui Bank Syariah Indonesia (BSI).

DirmankDotCom
DirmankDotCom INFORMASI TRENDS TERKINI!